Jakarta Selatan

Phone:+62 799 3108

Saluran Resmi Pelapoan WBS System PT. Pertani - Persero

a. Whatsapp : : 0878 8888 10

b. Clik Icon Pelaporan WBS 


 

WHISTLEBLOWING SYSTEM PT Pertani (Persero)

PT Pertani (Persero) sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berkomitmen untuk melaksanakan penerapan prinsip‐prinsip Tata Kelola Perusahaan Yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten dan berkesinambungan. Dalam menjalankan bisnisnya, PT Pertani (Persero)  senantiasa dituntut untuk melaksanakannya dengan penuh amanah, transparan dan akuntabel, serta sesuai  peraturan dan perundang‐undangan yang berlaku.

Whistleblowing System (WBS) merupakan suatu sistem pelaporan pelanggaran yang disediakan untuk memberikan kesempatan kepada segenap insan Perusahaan dan pihak eksternal lainnya agar dapat menyampaikan laporan/pengaduan mengenai dugaan pelanggaran terhadap prinsip‐prinsip GCG, berdasarkan bukti‐bukti yang dapat dipertanggung jawabkan serta dengan niat baik untuk kepentingan Perusahaan.

Lingkup Pengaduan Pelanggaran:

Lingkup Pengaduan yang akan ditindaklanjuti oleh WBS adalah tindakan yang dapat merugikan Perusahaan, meliputi: Penyimpangan dari peraturan dan perundangan yang berlaku; Perbuatan Curang atau Fraud; Benturan Kepentingan;  Perilaku tidak etis, dan hal-hal lain yang dapat dipersamakan dengan itu.

Hal-hal yang harus dipenuhi Pelapor:

Untuk mempermudah dan mempercepat proses tindak lanjut, berikut ini adalah hal-hal yang harus dipenuhi oleh pelapor dalam menyampaikan pengaduannya:

1.   Memberikan informasi mengenai identitas diri pelapor untuk memudahkan komunikasi 

    dengan pelapor, sekurang-kurangnya: Nama pelapor, Jabatan pelapor, Nomor tlp/alamat     e-mail yang dapat dihubungi

2. Harus memberikan indikasi awal yang dapat dipertanggung jawabkan yang meliputi: Masalah/Perbuatan yang dilaporkan, Pihak yang terlibat, Waktu kejadian, Tempat kejadian, Bagaimana terjadinya, dan bukti-bukti yang mendukung.


Mekanisme Penyampaian Laporan Pelanggaran:

Pengaduan pelanggaran dapat disampaikan tertulis melalui website: www.Pertani.co.id/wbs , atau WhatsApp: 0878 8888 10, maupun surat tertutup (ditulis kode “WBS” dikiri atas amplop), ditujukan kepada:


Direktur Utama

PT Pertani (Persero)

Graha Gabah, Jl. Raya Pasar Minggu Pertani No.1

Durentiga, Pancoran, Jakarta Selatan 12760


Penanganan Pelaporan Pengaduan:

Pengaduan harus disampaikan oleh pelapor dengan rasa tanggung jawab dan bukan bersifat fitnah yang dapat mencemarkan nama baik atau reputasi seeorang. Oleh sebab itu, setiap laporan pengaduan yang diterima dengan lampiran bukti-bukti akan ditangani dan ditindaklanjuti, termasuk jika diperlukan dengan menugaskan Tim untuk melakukan investigasi atas informasi yang dilaporkan tersebut.

Perlindungan Bagi Pelapor:

Kebijakan perlindungan Pelapor dimaksudkan untuk mendorong setiap Insan Perusahaan dan Pelapor lainnya untuk berani melaporkan pelanggaran dan menjamin keamanan Pelapor.

Perusahaan berkomitmen untuk melindungi Pelapor yang beritikad baik dan Perusahaan akan patuh terhadap segala peraturan perundangan yang terkait serta best practices yang berlaku dalam penyelenggaraan sistem perlindungan Pelapor.

Bentuk perlindungan kepada Pelapor, sebagai berikut :

1.   Identitas Pelapor dijamin kerahasiaannya oleh Perusahaan.

2.   Pemecatan yang tidak adil;

3.   Penurunan jabatan atau pangkat;

4.   Catatan yang merugikan dalam file data pribadinya (personal file record).

5.  Perusahaan menjamin perlindungan terhadap Pelapor dari segala bentuk ancaman, intimidasi, ataupun tindakan tidak menyenangkan dari pihak manapun selama Pelapor menjaga kerahasiaan pelanggaran yang diadukan kepada pihak manapun.


Perlindungan dan jaminan kerahasiaan tidak diberikan kepada Pelapor yang terbukti melakukan pelaporan palsu dan/atau fitnah. Apabila hasil investigasi menyimpulkan dan dapat dibuktikan bahwa pelaporan yang disampaikan mengandung laporan palsu, fitnah, tanpa dasar yang jelas, maka Pelapor dapat digugat balik atau dikenai sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau peraturan internal perusahaan

Sanksi dan Penghargaan:

Bentuk sanksi terhadap terlapor yang telah terbukti melakukan pelanggaran ditentukan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di Perusahaan.

Selain itu penghargaan diberikan kepada Pelapor apabila kasus yang dilaporkan mengandung kebenaran dan Perusahaan mendapat dampak positif dari adanya laporan tersebut. Jenis dan besarnya penghargaan yang akan diberikan sesuai dengan kebijakan Direksi.