Your cart is empty




Good of Corporate Governance PT Pertani (Persero) mempunyai komitmen untuk senantiasa menerapkan standar tata kelola yang terbaik. Ini menunjukan bahwa perseroan sangat menyadari pentingnya peran Good Corporate Governance (GCG) sebagai suatu landasan dalam menjalankan bisnis perusahaan serta untuk mempertahankan kelangsungan eksistensi perusahaan dalam menghadapi tantangan dan persaingan usaha di masa-masa yang akan datang khususnya dalam sektor industri pertanian. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, perseroan telah menuangkan kebijakan Corporate Governance dalam suatu pedoman tertulis berupa Good of Corporate Governance sebagai acuan bagi Pemegang Saham dan RUPS. Direksi dan Dewan Komisaris serta jajaran manajemen atau karyawan PT Pertani (Persero) dalam melaksanakan program dan kegiatan usahanya. Secara khusus, tujuan dari Good of Corporate Governance adalah untuk: 


1. Memberikan pedoman dan arah bagi seluruh komponen PT Pertani (Persero) dalam menerapkan Good Corporte Governance. Diharapkan dengan adanya Good of Corporate Governance maka Pemegang Saham, Dewan Komisaris, Direksi dan seluruh jajaran manajemen Perusahaan mempunyai arah dan persepsi yang sama, dalam pengelolaanprogram dan kegiatan usaha PT Pertani (Persero). 


2. Mewujudkan pengelolaan Perusahaan yang professional berlandaskan pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance berdasarkan nilai-nilai Perusahaan dan etika bisnis. Upaya penerapan GCG yang telah dilaksanakan selama ini terbukti telah memberikan konstribusi positif serta manfaat nyata bagi PT Pertani (Persero), antara lain dengan meningkatnya daya saing dan kinerja perusahaan serta menambah kepercayaan para pemangku kepentingan (stakeholder). Berdasarkan hal hal tersebut di atas dan untuk tetap menjaga terpeliharanya kepercayaan dan kepentingan stakeholder maka PT Pertani (Persero) bertekad secara terus menerus dan konsisten meningkatkan penerapan prinsip prinsip GCG dalam menjalankan bisnis perusahaan. 


Prinsip-prinsip GCG sebagaiman diterapkan perseroan meliputi: 


1. Transparansi Keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan dalam mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai

    perusahaan.

2. Akuntabilitas Kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggung jawaban organisasi sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif. 

3. Responsibilitas Kesesuaian di dalam pengelolaan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.